Akira Nishino Jadi Pelatih Baru Timnas Jepang

Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) secara mengejutkan memecat Vahid Halilhodzic dan mendapuk Akira Nishino sebagai pelatih baru timnas Jepang pada Piala Dunia Rusia 2018. Sebelum ini Nishino pernah menukangi tim J1 League, kasta teratas Liga Jepang, selama 10 musim dari tahun 2002 sampai 2011.

Nishino bakal dihadapkan pada tugas berat karena Piala Dunia 2018 tersisa 70 hari lagi. Dikatakan oleh presiden JFA, Kozo Tashima, Nishino merupakan orang yang tepat mengembalikan performa tim Samurai Biru dari sedikit bertahan menjadi lebih agresif dan menyerang.

“Kami menginginkan gaya bermain cerdas, agresif, dan lebih buas,” kata Tashima dikutip dari Sport24.

“Asosiasi telah membuat keputusan final karena tim ini tak memperlihatkan perkembangan dan mengalami krisis penampilan,” ujar Tashima menambahkan.

Apabila berdasarkan tren kepelatihan Nishino, Jepang memang berpeluang kembali menemukan tren terbaiknya. Nishino pernah mengantarkan Gamba Osaka memenangi trofi juara Liga Champions Asia tahun 2008.

Bukan hanya itu, Jepang tentus aja masih ingat bagaimana taktik Nishino sukses mengalahkan Brasil 1-0 pada Olimpiade Atlanta 1996. Kala itu Brasil masih diperkuat oleh Ronaldo dan Roberto Carlos.

Pertandingan ujcioba terdekat Jepang ialah ketika menghadapi Ghana pada 30 Mei 2018. Piala Dunia mendatang adalah keikutsertaan yang keenam secara berturu-turut untuk Jepang.

Jepang sendiri tergabung di Grup H bersama Kolombia, Senegal dan Polandia. Perjuangan keras untuk meraih satu tiket ke 8 besar pun harus dilakukan karena tim-tim lawan bukan musuh yang bisa dipandang remeh.