Buruknya Lini Depan Arsenal Buat Mereka Menjauh Dari Juara Premier League Musim Ini

Penampilan Arsenal belakangan ini menurun drastis dan membuat peluang mereka untuk merebut gelar juara Liga Inggris semakin menipis. Penyelesaian akhir para pemain depan Arsenal menjadi alasan buruknya penampilan The Gunners.

Arsenal mengawali perjalan mereka di tahun 2016 dengan cukup oke ketika mereka menempati puncak klasemen sementara Premier League. Namun, saat memasuki bulan Maret, penampilan mereka justru anjlok.

Dalam sembilan pertandingan terakhirnya, Arsenal hanya meraih tiga kali kemenangan. Lainnya mereka akhiri dengan tiga kali imbang, dan tiga kali kalah. Dua laga terakhir yang dilakoni The Gunners malah berujung kekalahan, saat menghadapi Manchester United dan Swansea City.

Posisi mereka pun merosot ke posisi ketiga klasemen dengan perolehan 51 poin, mereka tertinggal enam poin dari Leicester City yang menguasai klasemen dan tiga poin dibawah Tottenham Hotspur.

Masalah yang dialami oleh Arsenal dalam beberapa musim belakangan kembali mereka alami pada musim ini, yaitu persoalan konsistensi. Untuk musim ini, yang paling mendapat sorotan adalah barisan penyerangannya. Diantara para penghuni empat besar, Arsenal yang paling sedikit mencetak gol yakni sebanyak 44 gol.

Arsenal sebenarnya menjadi tim yang paling sering menciptakan peluang bersih sebanyak 57 kali. Padahal mereka memiliki lebih dari 85 kesempatan untuk membuat peluang bersih tersebut.

Itu berarti ada peluang sebesar 67,1 persen peluang bersih yang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Arsenal, catatan tersebut hanya lebih baik dari dua tim yang sedang menjauh dari zona degradasi, yakni Newcastle United sebesar 65,7 persen, dan Swansea City dan Norwich City yang mencatat sebesar 63,9 persen.

Namun uniknya adalah Swansea menjadi tim yang terakhir mengalahkan Arsenal 2 – 1 di Emirates Stadium, Kamis 3 Maret 2016 dinihari WIB kemarin. Saat itu Arsenal melakukan tiga sepakan tepat sasaran namun membentur tiang gawang.