Conte Sabet Gelar Pelatih Terbaik Premier League 2016/17

Kompetisi terbaik dunia bernama Premier League Inggris musim 2016/17 telah resmi berakhir pada akhir pekan kemarin, Chelsea berhasil menjadi juara dengan mengoleksi 93 poin sebagaimana mereka mengungguli Tottenham Hotspur dengan tujuh poin.

The Blues mengunci gelar Premier League dengan berbagai catatan manis, salah satunya ketika mereka menjadi juara dimusim pertama kepelatihan baru Antonio Conte. Prestasi ini sangat diperhitungkan karena laju Chelsea dipentas Premier League cukup berliku.

Sempat mengawali musim dengan buruk, namun secara perlahan Conte berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih terbaik dunia dengan mampu mengembalikan mental juara The Blues dikompetisi domestik. Perbandingan ini cukup jauh dari hasil sebelumnya, dimana musim lalu di bawah kepelatihan Jose Mourinho, Chelsea bermain sangat buruk dan nyaris masuk area degradasi saat Mourinho dipecat.

Mourinho pada akhirnya hanya mampu menyelesaikan musim dengan membawa Chelsea berada diperingkat 10 klasemen. Musim ini Conte menerapkan formasi berbeda dengan memainkan tiga bek sejajar, seperti yang dilakukannya di Juventus. Skema 3-4-3 yang dipilih Conte terbukti membawa dampak positif setelah Chelsea sempat menjalani awal yang berat.

Buah kerja keras Conte pun menghasilkan gelar sempurna dengan terpilih sebagai manajer terbaik Premier League musim ini. Keberhasilan ini didapat Conte usai mengalahkan Mauricio Pochettino yang membuat Hotspur menjadi sangat tajam dan tangguh di belakang.

Musim depan pekerjaan Conte akan semakin berat, Chelsea dipastikan akan berlaga didua kompetisi berbeda antara Liga Primer dan Liga Champions. Tantangan pertama adalah melakukan rotasi pemain yang tepat sehingga Chelsea bisa menjuarai dua kompetisi sekaligus.