Enrique, Guardiola, Dan Sampaoli Masuk Dalam Nominasi Pelatih Terbaik FIFA

FIFA telah merilis tiga nama yang akan menjadi calon pelatih terbaik tahun 2015. Nama-nama tersebut adalah Luis Enrique, Pep Guardiola, serta Jorge Sampaoli.

Enrique sukses besar pada musim pertamanya melatih Barcelona. Dia mengantarkan timnya meraih gelar treble winners dengan menjuarai La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Itu merupakan kedua kalinya Barcelona meraih treble dalam sejarah mereka.

Sementara itu, Guardiola mengantarkan Bayern Muenchen meraih gelar juara Bundesliga untuk keempat kalinya berturut-turut. Sedangkan Sampaoli tahun ini mengantarkan tim nasional Chile menjadi jawara di kompetisi Copa America untuk pertama kalinya.

Untuk kategori pelatih tim putri, tiga nama yang masuk dalam nominasi pelatih terbaik adalah Jill Ellis (pelatih tim nasional wanita Amerika Serikat), Mark Sampson (pelatih tim nasional wanita Inggris), serta Norio Sasaki (pelatih timnas wanita Jepang).

Ellis mengantarkan timnya menjadi juara di Piala Dunia Wanita tahun 2015, Sasaki membawa timnas wanita Jepang menjadi runner up serta Sampson membawa timnas wanita Inggris meraih peringkat ketiga dalam ajang yang sama.

Pemilihan nominasi tersebut dilakukan melalui proses voting yang melibatkan kapten serta pelatih timnas, baik tim putra maupun tim putri, dari semua anggota FIFA serta dari pihak perwakilan jurnalis.

Peraih penghargaan pelatih terbaik 2015 akan diumumkan dalam acara penghargaan FIFA Ballon d’Or yang akan diselenggarakan di kota Zurich, Swiss pada 11 Januari 2016.