Essam El-Hadary, Calon Pemain Tertua Piala Dunia 2018

Perhelatan Piala Dunia 2018 yang rencananya berlangsung dari bulan Juni sampai Juli mendatang di Rusia bakal menjadi kenangan tersendiri untuk penjaga gawang Timnas Mesir, Essam El-Hadary. Pasalnya kiper berusia 45 tahun berpeluang memecahkan rekor baru.

Apakah itu? El-Hadary kini berpeluang untuk mencatatkan rekor anyar sebagai pemain tertua di ajang Piala Dunia.

Dengan fakta seperti itu penjaga gawang yang masih memperkuat klub Liga Arab Saudi, Al-Tawooun FC, tersebut berharap kisahnya sebagai pesepakbola tertua sepanjang sejarah Piala Dunia akan menginspirasi para pesepakbola lain.

“Saya merasa amat bahagia bisa bermain di Piala Dunia. Ini adalah pesan bagi pesepakbola lain bahwa mereka anda harus yakin dengan impian anda dan berjuang untuk membuat itu jadi nyata,” ujar El-Hadary seperti dikutip dari BBC Sport, Kamis, 5 Maret 2018.

Dikatakan oleh El-Hadary, usia bukanlah sebuah masalah untuk dirinya mampu memberikan yang terbaik demi bisa bermain di kompetisi besar macam Piala Dunia. “Usia saya 45 tahun, akan tetapi menurut saya itu hanya sebatas angka,” ujarnya.

“Saya berlatih sangat keras tiap hari. Saya sendiri tak percaya arti kata ‘tidak mungkin’. Saya bakal terus berusaha sampai Piala Dunia supaya mempunyai peluang untuk bermain, dan memberikan pertahanan yang terbaik untuk Timnas Mesir,” kata pria yang memulai kariernya sejak 1993 tersebut.

El-Hadary mengatakan motivasinya agar bisa bermain di Piala Dunia tak lepas dari kenangannya bersama sang ayahanda yang sudah meninggal dunia. Semasa hidup, sang ayah selalu ingin supaya anaknya bisa bermain memperkuat negaranya di ajang Piala Dunia. “Sekarang saya telah membuat ayah saya bangga,” ujar dia.