Guardiola Tak Beri Instruksi Khusus Untuk Sane dan Sterling

pep guardiolaSebagai manajer, Pep Guardiola terkenal dengan sosoknya yang sangat mendetail dan rinci tentang
strategi. Akan tetapi Pep malah mengatakan jika dia tak pernah memberikan istruksi yang rumit pada para anggotanya.

Guardiola mencontohkan instruksi kepada dua winger andalannya di Manchester City, Leroy Sane dan Raheem Sterling. Manajer internasional Spanyol tersebut mengaku tak pernah menuntut mereka agar melakukan hal berat macam menggiring bola melewati lawan atau memberi umpan.

Sane dan Stering cuma mendapat instruksi supaya tak kehilangan bola ketika tengah menguasainya. Cuma sebatas itu saja instruksi mantan manajer Barcelona itu.

“Apabila mereka menguasai bola, maka jangan sampai kehilangannya. Saya tak emminta mereka untuk melewati pemain lawan, saya tak menginstruksikan untuk memberi umpan sulit, atau meminta menendang dengan baik. Itu cukup sederhana,” ungkap Guardiola.

Guardiola memang amat mementingkan ball possesion sebagai filosofi gaya manajerialnya. “Untuk mereka berdua, mereka harus melakukan hal terpenting itu tersebut (tidak kehilangan bola),” tegas Guardiola.

Akhir-akhir ini Sane dan Sterling memang menjadi faktor kunci performa Man City. Keberhasilan The Citizens memenangi sembilan dari 10 laga Premier League juga berkat upaya keras kedua pemain di lini serang.

Sane sendiri telah menorehkan enam gol dan Sterling sebiji gol lebih banyak dari sang rekan.

“Saya meminta mereka gar tetap tenang. Mencetak gol penting untuk mereka, bermain dengan bagus itu juga sama pentingnya. Akan tetapi mereka mampu melakukannya dengan lebih baik. Saya tidak pernah meragukan tentang itu,” tutup Guardiola.