Hodgson Tak Tutup Kemungkinan Panggil Terry

Tembok pertahanan tim nasional Inggris terlihat kurang kokoh dalam dua pertandingan terakhir. Salah satu masalah utama mereka adalah tidak adanya bek tengah sebelah kiri yang tangguh setelah John Terry pensiun dari timnas.

Inggris kebobolan empat gol pada laga persahabatan menghadapi timnas Jerman dan timnas Belanda. Pada laga melawan Jerman, manajer Roy Hodgson memasang Gary Cahill dan Chris Smalling untuk memperkuat tembok pertahanan, sementara dalam laga kontra Belanda Hodgson menurunkan Smalling dan John Stones.

Hodgson memahami akan kekhawatiran tentang rapuhnya tembok pertahanan timnya sekarang ini. Namun, dia juga merasa sudah memanggil pemain-pemain terbaik untuk menempati posisi tersebut.

“Saya pikir penampilan Chris Smalling sangat bagus. Dan saya pikir John Stones bisa menunjukkan ketenangan dan menunjukkan tanda-tanda level yang bisa dia capai,” ujar Hodgson di Sky Sports.

The Three Lions sebenarnya pernah memiliki bek tengah sebelah kiri yang tangguh, yaitu John Terry. Namun, Terry yang sekarang berusia 35 tahun tersebut sudah pensiun dari timnas sejak tahun 2012 lalu.

Ketika ditanya apakah dirinya akan kembali memanggil Terry, Hodgson tertawa sambil menjawab: “Siapa tahu? Karena dia sudah lumayan lama pensiun, jadi saya tidak terlalu memikirkan dia. Namun, saya tak membantah bahwa itu adalah sebuah kemungkinan yang masuk akal.”

“Dia merupakan bek tengah sisi kiri yang tangguh walaupun sebenarnya dia tidak kidal. Dia adalah pemain yang mengandalkan kaki kanan. Suatu hari saya sempat bertemu dan berbicara panjang lebar dengan John. Dia merupakan sosok yang sangat menyenangkan,” kata Hodgson.

Terry memperkuat timnas Inggris pada periode 2003 hingga 2012 dan mengoleksi 78 caps. Kapten Chelsea tersebut sempat menjadi kapten timnas, namun dua kali dicopot akibat dua kasus berbeda, salah satunya karena kasus rasis.