Jelang Derby, Madrid Dihantui Rekor Oke Laga Tandang Atletico

Atletico Madrid menjadi lawan yang berat untuk Real Madrid dalam beberapa tahun terakhir. Pertandingan di Santiago Bernabeu pada akhir pekan ini juga bukan sebuah keuntungan untuk Los Galacticos.

Beberapa tahun yang lalu, derby Madrid bisa dibilang sebagai derby yang paling membosankan diantara derby-derby yang lainnya. Walaupun kedua tim sama-sama menjadi penghuni ibukota Spanyol, namun perbedaan kekuatan dari kedua tim sangat jauh.

Sampai 2012/2013, Los Rojiblancos tidak pernah bisa mengalahkan rival sekotanya itu. Faktanya, sejak tahun 1999 hingga 2013 Atletico Madrid tidak sekalipun bisa mencuri kemenangan dari Real Madrid dalam semua ajang kompetitif.

Namun dalam tiga tahun terakhir Atletico Madrid menjelma menjadi musuh yang amat susah dikalahkan oleh Madrid. Musim lalu misalnya ketika kedua tim berhadapan sampai delapan kali dalam empat kompetisi berbeda. Hasilnya, Atletico Madrid sukses meraih empat kemenangan sementara El Real hanya cuma meraih satu kemenangan. Salah satu keunggulan Atletico atas Madrid adalah dengan skor 4 – 0 di Vicente Calderon.

Untuk pertemuan di Santiago Bernabeu, Sabtu 27 Februari 2016 besok, Atletico kembali menyimpan potensi untuk merepotkan tuan rumah. Bekal Antonie Griezmann dkk untuk laga itu adalah rekor mereka sebagai klub dengan hasil laga tandang terbaik di La Liga sejauh ini.

Atletico sudah melakoni sebanyak 13 pertandingan tandang sejauh ini. Mereka mengumpulkan 28 poin dari hasil 9 kali menang, sekali imbang serta tiga kali kalah. Sementara Barcelona yang menjadi pemuncak klasemen meraup 26 poin dari laga-laga di luar Camp Nou dengan rincian 8 kali menang, dua kali imbang serta dua kali kalah.

Real Madrid sendiri saat ini menjadi klub yang memiliki rekor kandang terbaik kedua. Di Santiago Bernabeu mereka meraih 11 kemenangan serta masing-masing sekali imbang dan sekali kalah. Satu-satunya kekalahan Madrid dalam laga kandang adalah saat mereka ditaklukkan Barcelona 0 – 4.