Juventus Telah Berikan yang Terbaik untuk Italia

Giampiero Ventura menjadi sosok pertama yang merasa puas atas pencapaian Juventus dikancah Eropa. Diketahui secara pasti bahwa Juve kembali gagal untuk kelima kalinya diajang final Liga Champions, namun Ventura melihat hal itu bukanlah sesuatu yang buruk.

Disini Ventura lebih melihat ke sudut pandang yang besar dengan menyebut wajib hukumnya bagi Italia untuk memberikan kehormatan kepada mereka dan patut dibanggakan karena Bianconeri sudah memberikan yang terbaik.

Juventus sebenarnya bermain menjanjikan, namun pada babak kedua nampak jelas jika mereka seperti kehilangan rasa kepercayaan diri. Dengan demikian, skor 4-1 menutup laga yang dimenangkan Real Madrid. Ini menjadi yang kedua kalinya bagi JUventus usai sebelumnya terjadi pada musim 2015 dengan kalah dilaga final dari wakil Spanyol, Barcelona.

Menanggapi dan mencoba memberikan dukungan kepada Juve, Ventura lantas tak sama sekali meragukan kapasitas tim besutan Massimiliano Allegri. Dalam pandangannya, Juve bermain sudah sangat bagus serta tak layak dikatakan buruk atas apa yang mereka perjuangkan dari babak penyisihan grop hingga sukses melaju ke partai final.

Meski kalah, bagi Ventura apa yang ditampilkan oleh Juve sudah sangat bagus. Baginya, Juve tidak layak disebut buruk karena mereka tampil sangat bagus sepanjang babak grup hingga semifinal.

“Saya pikir semua baik-baik saja, saya tak pernah melihat ada yang buruk dari sepakbola Italia. Faktanya bahwa Juve melangkah ke final tanpa kekalahan dan hanya kebobolan tiga gol. Itu tentu saja luar biasa,” cetus Ventura.

“90 menit kemarin tak bisa memberikan jawaban atas apa yang sudah dihasilkan Juventus musim ini.”

Ventura juga menyetujui atas pernyataan yang dilontarkan Presiden Juve, Andrea Agneli yang tetap memberikan dukungan kepada skuat Allegri. Disini Ventura berani mengibaratkan Juve sebagai kue manis tanpa gula.

“Harus bisa diterima jika mereka tak bisa mengendalikan permainan hingga babak berakhir. Saya mendengar komentar dari Andrea dan saya setuju dengannya: Ini tetap tahun yang luar biasa dan mereka hanya melewatkan lapisan gula pada sebuah kue. Kalah di final akan membuat mereka bersemangat untuk kembali dimusim depan,”

“Tim dengan mental juara sejati akan selalu memberikan respon positif dalam keadaan buruk sekalipun.” tutup Ventura.