Kekompakan Jadi Kunci Italia Kalahkan Belgia

Tim nasional Italia berhasil mencuri kemenangan dalam pertandingan pertama mereka di Grup D Piala Eropa 2016 melawan Belgia. Kekompakan disebut menjadi rahasia utama bagi Gli Azzurri dalam pertandingan menghadapi Red Devils.

Dalam pertandingan yang diselenggarakan di Stade de Lyon, Lyon, Selasa 14 Juni 2016 dinihari WIB, Italia memetik kemenangan dengan skor akhir 2 – 0. Gli Azzurri yang kalah dalam hal penguasaan bola, mampu memanfaatkan peluang. Dalam catatan yang dirilis oleh situs resmi Piala Eropa, tim asuhan Antonio conte ini hanya menguasai bola sebanyak 45 persen.

Pada menit ke-31, Leonardo Bonucci melepaskan umpan panjang terukur ke sektor pertahanan Belgia, yang kemudian bisa dikuasai oleh Emanuele Giaccherini. Dengan tenang, Giaccherini bisa menceploskan bola ke dalam gawang yang dijaga oleh Thibaut Courtois. Italia memastikan diri meraih poin penuh setelah Graziano Pelle mencetak gol kedua kemenangan Italia pada masa injury time.

“Ini adalah sebuah pertandingan yang bagus, para pemain tahu bagaimana caranya bermain dengan baik. Para pemain tahu bagaimana caranya mereka bermain dengan baik saat berada di bawah tekanan,” ungkap Conte yang dikutip dari Football Italia.

“Kami bermain menghadapi tim yang sangat kuat, yang menjadi salah satu tim favorit untuk memenangkan Piala Eropa. Di saat di sana ada kekompakan seperti ini, tetapi kami bisa melakukan suatu hal yang luar biasa, yaitu dengan mencuri kemenangan.”

“Kemenangan ini belum membuat kami memenangkan apapun. Tapi, kami berharap bisa membawa pulang poin yang layak didapatkan oleh anak-anak ini. Kami adalah sebuah tim. Saya memiliki 23 pemain yang kompak, dan mereka bahagia satu sama lainnya,” tutup mantan pelatih Juventus itu.