‘Klopp Akan Antarkan Liverpool Juara’

Pada akhir pekan ini Juergen Klopp tepat akan genap satu tahun menjadi manajer Liverpool. Klopp dianggap sudah memperlihatkan polesan oke kepada Liverpool yang pada prosesnya akan membuahkan hasil berupa gelar juara.

Penilaian tersebut diungkapkan oleh Gerard Houllier, mantan pelatih Liverpool pada periode 1998 hingga 2004. Dalam periode waktu itu, pria asal Prancis tersebut di antaranya membantu Liverpool meraih sukses musim 2000/2001 dengan memenangkan Piala UEFA, Piala Liga Inggris, dan Piala FA.

“Tidak mudah bagi seorang pelatih asing datang ke kompetisi baru. Ada gaya sepakbola dan kultur yang sangat berbeda, namun Premier League juga menarik untuk manajer manapun karena ada kultur kerja keras pada pemainnya,” ungkap Houllier seperti yang dikutip dari Express.co.uk.

Klopp mulai menjadi manajer The Reds dengan menggantikan posisi Brendan Rodgers, pada 8 Oktober 2015 silam. Dua hari mendatang manajer berkebangsaan Jerman berusia 49 tahun tersebut akan merayakan masa satu tahunnya bersama The Marseyside Gank.

Sejauh ini Klopp sudah menjadi juru taktik bagi The Reds dalam 61 pertandingan di seluruh ajang kompetitif dengan persentase kemenangan 49.2% (30 menang, 18 seri, 13 kalah). Belum ada trofi yang berhasil dia persembahkan, walaupun Houllier yakin tinggal tunggu waktu saja.

“Juergen sudah membawa stimulasi baru untuk Liverpool. Saya suka filosofi menyerang yang dimilikinya dan saya suka dengan cara timnya bertahan di dalam area lawan dalam usaha merebut bola. Saya yakin dia bisa memberikan juara untuk Liverpool,” ujar Houllier.