Klopp Sudah Berhasil Keluarkan Potensi Firmino

Peran Roberto Firmino bersama Liverpool musim ini sudah semakin bertambah yakni dengan memperkuat lini serang. Performa Firmino sejauh ini pun sudah membuat sang manajer, Juergen Klopp merasa sangat puas.

Direkrut oleh manajemen The Reds dari Hoffenheim pada musim lalu, Firmino awalnya kesulitan untuk beradaptasi dengan gaya permainan Liverpool dan terutama kultur sepakbola Inggris. Tapi, kedatangan Klopp kemudian sukses memperbaiki penampilan Firmino.

Sebelumnya, posisinya seperti tidak menentu saat The Red dilatih oleh Brendan Rodgers, Firmino kemudian kembali menemukan permainan terbaiknya saat Klopp memasangnya sebagai false nine. Ini dilakukan oleh Klopp mengingat kondisi Daniel Sturridge yang seringkali absen karena cedera.

Tugas tersebut dijalani Firmino dengan baik karena sejak Januari lalu, Firmino sudah berhasil mencetak 13 gol dalam seluruh ajanng kompetitif. Secara otomatis, Sturridge pun untuk sementara waktu harus tersingkir dari persaingan di lini depan.

Apalagi, gaya permainan Firmino juga cocok dengan formasi yang dipakai oleh Klopp, yakni tidak hanya menunggu di depan untuk bikin gol, tapi pemain berkebangsaan Brasil tersebut juga ngotot berduel untuk mendapatkan bola dan tidak jarang membantu pertahanan.

“Roberto sangat aktif terlibat dalam penyerangan maupun pertahanan. Dia memiliki kemampuan alami yang dia miliki dan tidak pernah pikir panjang untuk segera merebut bola dari lawan. Dia sangat kuat dalam pertahanan,” ujar Klop.

Pada kompetisi musim ini, Firmino sudah berhasil mencetak dua gol dari lima penampilan. Walaupun belum mencetak assist satu pun, pemain 24 tahun itu punya 3,8 umpan kunci dan 1,6 dribel dalam setiap pertandingan.