Korea Selatan Ajak Korea Utara Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Wooww, kabar mengejutkan baru saja terjadi. Dimana keluar sebuah rencana yang sangat mustahil bisa terjadi ketika Presiden baru Korea Selatan, Moon Jae-In memunculkan ide untuk menggelar Piala Dunia 2030 bersama Korea Utara.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasannya Korea Selatan pernah menggelar Piala Dunia bersama Jepang pada 2002 lalu dan kini negara Asia Timur itu tertarik untuk menyelenggarakan turnamen sepakbola empat tahunan dengan mengajak Korea Utara yang tak lain adalah rival abadi mereka dibidang politik.

Moon Jae-In diklaim telah melakukan negoisasi dengan presiden FIFA, Gianni Infantino dan meyakini gagasan tersebut bisa menjadi alat pemersatu antara Korea Selatan dan Korea Utara.

“Anda dua negara berbatasan di benua ASIA, termasuk Korea Utara dan Korea Selatan, bisa menggelar Piala Dunia bersamaan, itu bisa saja menciptakan perdamaian di Korea Utara dan Korea Selatan juga negara di kawasan Asia Timur,” kata Moon melalui juru bicaranya.

“Saya harap Presiden Infantino mau mempertimbangkan. Ini akan menjadi hal besar antara kami dan Korea Utara, semoga saja bisa terjadi dan tidak ada lagi ketegangan antar tetangga.” tutupnya.

Menjabat sebagai petinggi baru Korea Selatan, Moon merupakan salah satu sosok yang gencar menyuarakan perdamaian. Terlihat dirinya sudah mencoba untuk membuka dialog dengan tetangganya tersebut. Meski begitu, Korea Utara justru membandel dan terus menguji rudalnya dalam rangka unjuk kekuatan militer.

Semoga wacana ini bisa terjadi dan Korea Utara mau menjadi negara yang merangkul semua negara luar sebagai sahabat.