Lahm Nyatakan Bisa Pensiun Lebih Cepat

Defender Bayern Muenchen, Philipp Lahm sudah merencanakan untuk pensiun pada tahun 2018. Tapi jika situasinya berubah, Lahm tidak menutup kemungkinan untuk gantung sepatu lebih awal dari yang direncanakannya.

Lahm masih memiliki kontrak bersama Bayern Muenchen sampai musim panas tahun 2018. Saat kontrak tersebut habis masa berlakunya, Lahm pun sudah memutuskan untuk pensiun dari sepakbola profesional.

Namun Lahm bisa saja akan pensiun lebih cepat. Jika fisiknya sudah merasa cukup atau jika ada pemain yang bisa menggantikan perannya, bek berusia 32 tahun tersebut mungkin akan mempertimbangkan untuk pensiun sebelum kontraknya berakhir.

“Saya masih memiliki kontrak bersama Bayern Muenchen sampai musim panas 2018 dan tentu saya tidak semakin muda, tapi semakin tua, dan Anda selalu harus bertanya pada diri sendiri sebagai seorang olahragawan,” ungkap Lahm.

“Jika suatu saat ada seseorang datang dan memainkan peran saya lebih baik daripada saya, atau jika saya menyadari bahwa fisik saya sudah tidak lagi prima, maka saya jelas harus menghadapi kemungkinan akan gantung sepatu lebih awal,” katanya.

Usai pensiun pun Lahm juga mengaku jika tidak ingin jauh-jauh dari dunia sepakbola, khususnya Bayern Muenchen. Dia berharap akan tetap menjadi bagian dari Die Roten.

Untuk level internasional, Lahm sudah lebih dulu pensiun dari tim nasional Jerman. Dia pensiun dari squad Der Panzer setelah berhasil menjuarai Piala Dunia tahun 2014 lalu.