Liga Champions Cuma Ajang Pemanasan Bagi Klub Luar Inggris

jose mourinhoJose Mourinho sebagai arsitek Manchester United menyebut jika fase grup Liga Champions cuma menjadi pentas pemanasan untuk klub besar macam Barcelona, Real Madrid atau Bayern Munich. Situasi berbeda dialami oleh peserta asal Inggris.

Dalam pandangan Mourinho, tim-tim besar Eropa baru mengawali pertarungan di Liga Champions pada bulan Februari. Ketika telah mencapai fase knock out. Di abak ini mereka telah mencapai performa yang bagus dan siap bertarung.

Sementara kondisi ini tidak berlaku untuk tim asal Inggris. Pada bulan Februari, wakil-wakil Inggris mulai habis tenaga lantaran tidak ada jeda musim dingin atau libur tengah musim.

“Saya pikir Liga Champions bagi mereka (tim-tim besar Eropa) yang tengah anda perbincangan, dan untuk Madrid, Barca dan Bayern, Liga Champions dimulai pada bulan Februari,” ulas Mourinho dikutip dari Soccerway.

“Untuk sekarang ini baru sebatas pemanasan dan di bulan Februari, saat tim Inggris berusaha bertahan setelah musim dingin, mereka bugar dan siap seusdah partai pemanasan di fase grup,” sambungnya.

Adanya libur musim dingin dianggap oleh Mourinho memiliki dampak yang signifikan. Pasalnya, setiap tim jadi memiliki waktu untuk menyiapkan diri dengan baik dan evaluasi. Ditambah lagi bursa transfer bulan Januari juga dibuka.

Sedangkan tim Premier League malah harus dihadapkan pada jadwal boxing day yang amat padat di malam Natal dan tahun baru.

“Saya rasa kami (tim asal Inggris) ada di tingkat kedua ketika itu. Mari kita meraih angka demi angka untuk lolos ke fase gugur dan saat kami telah mendapatkannya, mari kita nikmati menghadapi tim-tim besar,” tutup Mourinho.