Manajer Portugal Kesulitan Tentukan Skuat Final

Manajer tim nasional Portugal Fernando Santos dibuat pusing dalam menyusun skuat akhir untuk Piala Dunia 2018 Rusia. Dia menyebut tugas ini lebih berat daripada ketika menjuarai Piala Eropa 2016 dua tahun lalu.

Merosotnya performa beberapa pilar utama plus cedera sejumlah pemain lain, memaka Santos harus harus mempertimbangkan pilihan yang ada dalam waktu tiga bulan tersisa.

“Dalam momen ini dua tahun silam kami lebih dekat menuju skuat final daripada kami saat ini,” ujar Santos pada para para media saat ia mengumumkan skuatnya untuk pertandingan-pertandingan persahabatan melawan Mesir dan Belanda akhir bulan ini, Kamis (16/3). “Saya bisa bilang bila saya sudah menyelesaikan 80 persen daftar final.”

Tak ada kejutan memang dalam skuat Portugal. Cristiano Ronaldo, pemain berjumlah caps serta pencetak gol terbanyak, memimpin daftar. Palang pintu milik Benfica bernama Ruben Dias juga akan dipanggil untuk pertama kalinya.

Santos juga berkomentar tentang kondisi gelandang Andre Gomes. Satu pemain yang performaya jauh dari harapan ini cuma empat kali tampil sebagai pemain inti di La Liga untuk Barcelona musim ini, akan tetapi dia tetap akan dibawa oleh Pportugal.

“Kadang-kadang pemain menaruh beberapa hal di luar benak mereka saat mereka bermain dengan tim nasional dan bermain seperti yang selalu mereka jalni ketika menjadi bagian dari grup ini,” kata Santos. “Sangat penting jiak dia bergabung, maka kami bisa menilai dirinya secara psikologis.”

Sang jawara Eropa Portugal akan berjumpa dengan Spanyol, Maroko, dan Iran dalam laga-laga fase grup di Piala Dunia 2018.