Menang Tipis Atas Portugal, Hodgson Tetap Puas

Roy Hodgson merasa sangat puas dengan kemenangan yang diraih oleh timnya atas kesebelasan Portugal, dia juga merasa tidak masalah karena hanya menang tipis. Yang paling penting adalah timnya sudah menunjukkan penampilan yang tenang untuk menghancurkan pertahanan Portugal.

Inggris meraih kemenagan tipis 1 – 0 atas Portugal dalam persahabatan terakhir jelang Piala Eropa 2016, yang berlangsung di Wembley, Jumat 3 Juni 2016 dinihari WIB. Ini menjadi kemenangan ketiga secara berturut-turut setelah sebelumnya The Three Lions sukses mengalahkan Turki dan Australia.

Tapi kemenangan The Three Lions atas Selecao Das Quinas dinihari tadi juga mendapatkan sorotan. Inggris dinilai tampil kurang memuaskan, karena sudah unggul dalam jumlah pemain 11 – 10 sejak menit ke-35.

Mendominasi permainan dengan penguasaan bola sampai 60%, Inggris kesulitan untuk menciptakan peluang. Mereka punya delapan percobaan dengan hanya empat yang mengarah ke gawang. Sementara Portugal berhasil dibatasi ruang geraknya, di mana tujuh percobaan yang dilancarkan tidak menemui sasaran sama sekali.

Namun Hodgson melihat kemenangan itu dari sudut pandang yang berbeda. Dia menilai anak-anak asuhnya sudah menunjukkan ketenangan dan juga kesabaran dalam membuka celah Portugal yang bermain defensif dengan 10 orang.

“Saya sedikit kecewa karena malam ini pertandingannya tidak bertahan 11 lawan 11. Jika boleh memilih, kami ingin pertandingannya tetap 11 lawan 11. Tapi saya merasa sangat puas dengan ketenangan tim,” ungkap Hodgson seperti dikutip dari Sky Sports.

“Saya juga sangat merasa puas karena kami bisa bermain dengan konsisten dari belakang, yang mana lebih baik dari apa yang mungkin di tunjukkan dalam dua pertadingan terakhir. Saya sangat puas dengan fakta para pemain menunjukkan kesabaran lebih.”