Menghitung Peluang Juara Tim-tim Premier League

Walaupun Arsenal dan Manchester City secara matematis masih punya kesempaan untuk meraih gelar juara Premier League musim ini, tapi hingga kini peluang yang paling besar menjadi milik Leicester City dan Tottenham Hotspur.

Leicester City masih nyaman bertahan di puncak klasemen sementara Premier League. Kemenangan terakhir The Foxes atas Sunderland tadi malam membuat mereka tetap unggul tujuh poin dari Tottenham yang menduduki posisi runner up.

Tim besutan Claudio Ranieri ini belum pernah lagi tersentuh kekalahan sejak tumbang 1 – 2 di kandang Arsenal pada pekan ke-26. Dalam tujuh pertadingan terakhir mereka bahkan mampu memenangkan enam laga di antaranya.

Adapun untuk Tottenham Hotspur, mereka kehilangan poin yang cukup banyak di bulan Maret dalam usaha mereka mengejar Leicester, saat menyerah 0 – 1 dari West Ham United dan bermain imbang 2 – 2 kontra Arsenal. Namun setelah itu mereka berhasil memenangkan tiga dari empat pertandingan berikutnya, termasuk 3 – 0 atas Manchester United tadi malam.

Dengan lima pertandingan tersisa, The Foxes hanya perlu meraih tiga kemenangan lagi untuk bisa memastikan gelar juara Premier League. Itu pun dengan catatan Tottenham juga meraih poin penuh. Namun sebuah kabar baik sudah diterima oleh The Foxes karena mereka sudah dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan.

Sebaliknya, The Lilywhites diwajibkan sapu bersih dalam seluruh pertandingan tersisa, dan berharap agar Leicester City melakukan kesalahan untuk menyalip Jamie Vardy dan kawan-kawan.

Sementara itu, bagaimana peluang juara Arsenal dan Manchester City yang masih menyisakan enam pertandingan lagi? Jika mampu menyapu bersih sisa pertandingannya, The Gunners bisa meraih maksimal 77 poin, sementara The Citizens 75. Dengan Leicester City yang kini sudah mengumpulkan 72 poin, sepertinya mereka tidak boleh berharap terlalu tinggi dulu.