Misi Barca Patahkan Rekor Buruk Di Anoeta

Barcelona bakal melakoni salah satu laga tandang paling berat selama lima tahun terakhir. Bukan ke markas musuh bebuyutan, Santiago Bernabeu, tetapi ke Stadion Anoeta yang merupakan kandang Real Sociedad pada Minggu 10 April 2016 dinihari WIB.

Barcelona akan bekerja keras di markas Real Sociedad agar keunggulan poin mereka dari rival-rival terdekat tidak semakin menipis. Usai dikalahkan 1 – 2 oleh Real Madrid dalam partai El Clasico, tak ada pilihan lain bagi Barcelona selain meraih kemenangan dalam 5 laga tersisa.

Masalahnya adalah, mencuri kemenangan di kandang Los Aceiteros bukanlah sebuah misi yang mudah bagi Lionel Messi dan rekan-rekan. Dari 5 kali percobaan untuk meraih kemenangan dengan 4 pelatih berbeda, Barcelona selalu menemui kegagalan.

Josep Guardiola, mendiang Tito Vilanova, Gerardo Martino dan Luis Enrique sudah merasakan sendiri bagaimana angkernya Anoeta. Terakhir, Enrique harus rela melihat timnnya besut takluk 0 – 1 dari Sociedad di Anoeta pada 5 Januari 2015 lalu.

Jika dijumlahkan, Barcelona hanya membawa pulang satu poin dari 5 kunjungan terakhirnya ke Anoeta. Ada 14 poin yang dibuang oleh Lionel Messi Cs di sini. Bahkan Barcelona hanya imbang 1 – 1 pada putaran kedua semifinal Copa del Rey musim 2013/2014.

Jika melihat prestasi Barcelona dalam lima musim terakhir, apa yang terjadi di Anoeta bisa dibilang sangat aneh. Barcelona yang selama ini berhasil menjuarai beberapa gelar bergengsi justru tidak mampu memetik poin maksimal di kandang klub kecil.

Los Cules tidak hanya kalah empat kali dari 5 kunjungannya ke Anoeta, tapi tiga diantaranya Sociedad berhasil bangkit dari ketertinggalan. Ketika berimbang 2 – 2, Barcelona sudah unggul dua gol sebelumnya.