Pengaruh UEFA Nations League Pada Piala Eropa 2020

uefa nations league 2018Adanya turnamen baru Eropa bertajuk UEFA Nations League (UNL) rupa-rupanya memberikan pengaruh langsung pada gelaran Piala Eropa 2020 mendatang. Lantaran baru pertama kali dihelat, masih belum diketahui apakah ini akan berdampak positif atau negatif.

Piala Eropa diikuti oleh 24 peserta yang sebelmnya memperebutkan tiket di kualifikasi dan fase play-off yang biasanya cukup lama. Sekarang karena adanya UNL, perhitungan menjadi lebih mudah. Kualifikasi Piala Eropa dibagi dalam 10 grup, dua tim pemuncak grup secara otomatis lolos ke putaran final.

Empat tiket lain bakal diperuntukkan untuk pemenang play-off UNL, yaitu juara grup masing-masing liga UNL (4 liga) bakal berjumpa di babak play-off guna memperebutkan satu tempat ke EURO 2020.

Menariknya, drawing kualifikasi Piala Eropa 2020 baru diadakan setelah UNL tuntas dan membagi empat kontestan dari UNL final ke dalam grup yang terdiri dari lima peserta. Penjelasannya sebagai berikut:

1. Kualifikasi Piala Eropa 2020 bakal digelar bulan Maret 2019 mendatang. Terdapat lima grup yang diisi oleh lima tim dan lima grup lainnya yang terdiri dari enam tim (sepuluh grup) yang memainkan 10 laga.

2. Juara dan juga runner up secara otomatis lolos ke putaran final EURO 2020. Piala Eropa terdiri dari 24 peserta, yang artinya masih ada empat slot tersisa usai kualifikasi. Empat tiket ini bakal diperuntukkan untuk pemenang play-off masing-masing liga UNL.

3. Apabila pemenang Grup UNL telah lolos dari kualifikasi Eropa, maka tiket mereka akan diberi kepada tim terbaik selanjutnya di liga mereka.