Perkasanya Juventus Di Tangan Allegri

Semasa era kepelatihan Antonio Conte, Juventus kerap dikritik karena tidak bisa tampil oke saat berlaga di kompetisi Eropa. Namun, kedatangan Massimiliano Allegri pada musim lalu membuat La Vecchia Signora berhasil unjuk gigi di Liga Champions.

Ketika ditangani Conte mulai musim 2012, Juventus begitu dominan di Liga Italia Serie A. Bahkan di musim pertama Conte, tim asal kota Turin tersebut mengakhiri musim tanpa terkalahkan. Dominasi tersebut berlanjut saat Conte meninggalkan Juve di akhir musim 2013/2014.

Namun Juventus tidak mampu tampil sebagus di Italia ketika berlaga di kompetisi Eropa. Dua musim Liga Champions di bawah Conte, Juve hanya berhasil lolos ke babak perempatfinal di musim pertamanya dan tersingkir ke Liga Europa pada musim kedua Conte.

Bahkan ketika sudah bermain di Liga Europa pun, Juvetus juga tetap saja gagal melaju ke final setelah takluk dari Benfica pada babak semifinal.

Lalu tibalah Allegri ke Turin pada awal musim 2014/2015. Walaupun kedatangannya sempat menimbulkan pro-kontra di kalangan fans Juventus, Allegri mampu menjawabnya ketika tim yang diasuhnya berhasil melaju ke babak final Liga Champions pertama kali setelah 2003, meski akhirnya ditekuk 1-3 atas Barcelona.

Dalam perjalanannya ke babak final, Juventus hanya dua kali menelan kekalahan dan itu pun di terjadi fase grup, serta menyingkirkan sang juara bertahan, Real Madrid pada babak semifinal. Musim lalu total Juventus membukukan tujuh kali kemenangan serta tiga hasil imbang.
massimiliano-allegri
Di musim kedua Allegri melatih, Juventus yang sempat tersendat di Serie A, justru mampu melaju oke di Liga Champions di usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar setelah menang 1-0 atas Manchester City Kamis 26 November 2015 dinihari WIB. Juventus kini menduduki posisi pertama Grup D dengan perolehan 11 poin.

Ini adalah pertama kalinya untuk Juventus memastikan diri melaju ke fase knockout sebelum seluruh laga berakhir di fase grup sejak musim 2008/2009. Selain itu, ini untuk ketujuh kalinya dari sembilan musim terakhir, Juventus lolos ke babak 16 besar.

Allegri memang pantas diberi pujian usai berhasil mentransformasi Juve di level Eropa, sebab sejak ditangani oleh mantan pelatih AC Milan tersebut, Bianconeri memiliki persentase kemenangan sebesar 55,6 persen di Liga Champions, lebih besar daripada saat masih ditangani Conte dengan persentase kemenangan 37,5 persen.