Portugal Dan Spanyol Terkuat Di Grup B Piala Dunia 2018

Iran berhasil meraih satu tempat di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah mereka menguasai grup A pada kualifikasi zona AFC ronde ketiga Piala Dunia 2018. Kelolosan mereka ditandai dengan prestasi gemilang yakni koleksi 22 angka dan tidak tergoyahkan sampai akhir klasemen sebagai juara grup. Walau tidak memiliki nama besar di kancah internasional, Iran justru merasa percaya diri dengan tim yang dibawa ke Rusia tahun ini. Mereka memiliki sederet pemain macam Cristiano Ronaldo.

Rasa optimisme tersebut ada dalam diri manajer Iran, Carlos Queiroz. Ia sempat bekerja bersama Ronaldo ketika masih di Manchester United. Kebetulan pula mereka tergabung segrup dengan Portugal bersama Maroko dan Spanyol. Iran tentunya bukan tim favorit, walau demikian Queiroz merasa pasukan armadanya tetap memiliki kesempatan.

Maroko bak menjadi satu kekuatan baru di Benua Afrika. Bagaimana tidak? mereka beberapa waktu lalu menasbihkan diri sebagai kampiun Afrika usai memenangi partai pamungkas Piala Negara Afrika alias African Nations Championship 2018 yakni dengan menundukkan.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Mohamed V, Maroko, Minggu (4/2/2018), Maroko mampu meraih kemenangan besar empat gol tanpa balas atas Nigeria. Hal itu menjadi bekal positif bagi Maroko menyambut ketatnya persaingan di putaran final Piala Dunia 2018, apalagi di Grup ini mereka harus menjajal ketangguhan dua tim raksasa Portugal dan Spanyol.

Kekuatan Portugal memang tak perlu diragukan lagi karena dua tahun lalu mereka sudah membuktikan diri mampu menjadi raja di Eropa dengan mengalahkan Prancis di babak final. Di babak kualifikasi zona Eropa lalu Portugal juga memperlihatkan performa ciamik, membukukan sembilan kemenangan dari 10 kali bertanding.

Berisikan banyak pemain-memain muda potensial, manajer Portugal Fernando Santos mengharapkan supaya Cristiano Ronaldo bisa memberikan pengalamannya kepada rekan satu timnya. Memang Portugal bertumpu pada Ronaldo dalam menjebol gawang lawan, pasalnya CR7 total sudah menceploskan 81 gol dari 148 pertandingan bersama tim nasional.

Timnas yang satu ini memang tak perlu diragukan lagi kualitas dan juga prestasinya di kancah internasiona. Bayangkan saja, mereka adalah satu-satunya negara yang berhasil meraih tiga trofi besar secara beruntun yakni Piala Dunia 2008, Piala Eropa 2010 dan juga Piala Eropa 2012. Tim Matador adalah satu kekuatan yang sangat dihindari tim-tim lawan.

Walau demikian tren Spanyol belakangan ini mengalami penuruan cukup drastis, mereka gagal bersinar dalam gelaran piala Dunia 2014 dan EURO 2016. Kini bersama manajer baru Julen Lopetegui dan talenta muda yang lebih fresh mulai dari Marco Asensio, Isco sampai Rodrigo, La Furia Roha tetap menjadi salah satu unggulan di Piala Dunia 2018.