Portugal Juara, Mourinho Turut Bahagia

Semua warga Portugal tentu saja sekarang ini sedang bersuka cita karena melihat tim nasional-nya menjadi juara Piala Eropa 2016. Perasaan sukacita itu juga dirasakan oleh manajer Manchester United, Jose Mourinho.

Portugal tampil sebagai juara Piala Eropa 2016 usai mengalahkan tuan rumah Prancis dengan 1-0 pada final yang berlangsung di Stadion Stade de France, Senin 11 Juli 2016 dini hari WIB. Satu-satunya gol dari Seleccao pada laga tersebut diciptakan oleh Eder pada babak kedua perpanjangan waktu.

Sebelum Piala Eropa 2016 dimulai, Mourinho menjadi salah satu orang yang berani sesumbar jika Portugal adalah kandidat juara. Walau, kalau melihat penampilan Portugal di fase grup Piala Eropa 2016, di mana mereka hanya meraih tiga hasil imbang dan lolos melalui jalur salah satu peringkat ketiga terbaik, Portugal tampak tidak meyakinkan untuk tampil sebagai kandidat juara.

Manajer timnas Portugal, Fernando Santos, saat itu mengaku tersanjung mendengar pernyataan yang diungkapkan Mourinho. “Sama seperti saya, Jose merupakan pelatih dengan ambisi yang tinggi. Dia tahu nilai sesungguhnya dan potensi yang ada di dalam tim nasional Portugal,” ungkap Santos.

“Saya senang saat mendengar dia mengatakan itu. Tapi, tidak mengherankan mendengar kata-kata seperti itu keluar darinya, karena Jose juga adalah seorang pemenang,” kata Santos lagi.

Senin dini hari tadi, apa yang pernah dikatakan oleh Mourinho akhirnya jadi kenyataan. Mantan pelatih Real Madrid ini tentu saja bahagia. Melalui akun media sosial Instagram-nya, Mourinho mengunggah foto dirinya dengan syal bertuliskan Portugal.
mourinho portugal
Portugal menjadi negara ke-10 yang menjadi juara Piala Eropa. Untuk Seleccao sendiri, inilah pertama kalinya mereka menjadi kampium dari dua kali kesempatan tampil di final.