Soal Gantung Sepatu Dari Timnas, Messi Masih Bisa Berubah Pikiran

Beberapa waktu lalu Lionel Messi membuat sebuah keputusan yang sangat mengejutkan. Messi mengumumkan pensiun dari tim nasional Argentina sesaat setelah timnya kalah di laga final Copa America Centenario. Keputusan tersebut diyakini masih akan berubah.

Messi menyatakan pensiun setelah Argentina menelan kekalahan dari kesebelasan Chile di final Copa America Centenario. Bermain imbang 0 – 0 di 120 menit, Le Albiceleste akhirnya kalah 2-4 dalam adu penalti, di mana Messi yang jadi penendang pertama Argentina juga gagal dalam mengeksekusi penalti.

Itu menjadi kegagalan keempat Messi di empat partai final bersama Tim Tango. Sebelumnya, penyerang andalan Barcelona ini sudah merasakan kekecewaan dalam laga puncak pada final Copa Amercia 2007, Piala Dunia 2014, kemudian Copa America 2015.

Keputusan La Pulga itu untuk pensiun dini diyakini selain karena kecewa, juga akibat tekanan yang terlampau besar sebagai seorang pemain bintang yang sekaligus menjabat sebagai kapten. Mantan pelatih Barca dan timnas Argentina Cesar Luis Menotti menilai langkah yang diambil Messi akibat akumulasi atas banyak hal, walaupun dia tak mau banyak menduga-duga apa yang menjadi penyebab utamanya.

Terlepas dari berbagai dugaan-dugaan itu, Menotti merasa yakin jika peluang Messi untuk berubah pikiran dan kembali memperkuat timnas masih ada.

“Sangat sulit untuk menduga-duga apa yang jadi penyebab utamanya karena Leo sudah mengatakan apa yang dia katakan. Ada masanya ketika semangat untuk bermain di tim nasional hilang, untuk ribuan alasan yang tidak bisa saya jelaskan,” ujar Menotti kepada Sport.

“Anda harus bicara langsung dengan Leo. Saya yakin ada banyak hal yang dia alami, dan kemudian Argentina kembali gagal juara. Saya yakin masih ada kesempatan bagi Leo untuk berubah pikiran,” tutup Menotti.