Transfer Neymar Akan Beri Efek Domino

neymarRekor transfer dunia untuk pemain sepakbola baru saja pecah setelah Neymar meninggalkan Barcelona untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain. Akan tetapi hal tersebut justru membuat direktur AS Roma, Monchi mencemaskan masa depan sepakbola.

Aktor lapangan hijau 25 tahun itu resmi menyeberang ke PSG dengan harga luar biasa 222 juta euro dan kehadirannya telah dipresentasikan ke publik pada Jumat (4/8) di Parc des Princes.

Harga transfer bomber Brasil itu adalah paling tinggi yang pernah dibayarkan kepada seorang pemain, dua kali lipat lebih tinggi daripada 105 juta euro yang dikeluarkan Manchester United ketika mendatangkan Paul Pogba dari Juventus pada Agustus 2016 lalu.

Dana selangit yang dikucurkan klub kaya raya Ligue 1 Prancis itu untuk mendapatkan Neymar malah menyulut kekhawatiran dari Monchi, yang takut tren seperti itu bertambah parah di masa depan.

“Saya tak merasa nyaman dan sangat cemas. Saya tidak tahu kemana semua akan melangkah,” ujar Monchi melalui laman resmi Roma.

“Saya tidak ingin kita membuat sebuah gelombang spekulatif yang pada suatu saat bisa meledak. Sudah saya perlihatkan sebelum ini bila saya takkan merekrut pemain dengan harga sangat mahal.”

“Ini bukan pribadi saya saja yang membicarakan hal ini, semua bergantung dewan klub. Sulit untuk membayangkan ada begitu banyak dana yang harus digunakan saat di tempat lain ada beberapa pihak yang kesulitan Dalam memenuhi kebutuhan.”

Pada saat yang sama, sekretaris jenderal FIFPro, Theo van Seggelen juga mengecam aturan transfer FIFA yang ia sebut seperti anti kompetitif, tidak adil dan ilegal.